Sabtu, 09 Februari 2013

PM Jepang Dekatkan Diri dengan Asia Tenggara

Shinzo Abe (Foto: AP)
Shinzo Abe (Foto: AP)
TOKYO - Perdana Menteri Jepang yang baru Shinzo Abe melakukan pendekatan dengan negara-negara Asia Tenggara. Upaya Abe ini merupakan bentuk antisipasi Jepang guna menangkal pengaruh ekonomi dan militer China, yang terus meningkat.

Tetapi Abe diperkirakan akan memperlakukan kunjungannya ke Indonesia, Thailand dan Vietnam pekan ini agar tidak menimbulkan kesan provokatif terhadap China dengan memperlihatkan diri bahwa pihaknya ingin menangkal pengaruh China.

China selama ini terus mendekatkan diri dengan Asia Tenggara dengan investasi baru dan membuka peluang perdagangan serta mencari bahan baku untuk industri mereka. Tetapi di saat bersamaan, China juga terlibat konflik sengketa wilayah dengan beberapa negara di Asia Tenggara.

Jepang pun dihadapkan pada konflik perebutan Pulau Senkaku di Laut China Timur. Abe sepertinya sadar akan hubungan Jepang-China saat ini, dirinya ingin menghindari konflik baru dengan China mengingat kedua negara tersebut menjadi rekan dalam perekonomian dunia. Demikian diberitakan The Star, Rabu (16/1/2013).

Abe sebenarnya memiliki rencana untuk melakukan kunjungan ke Washington, Amerika Serikat (AS) setelah kepastian Partai Liberal Democratic Party (LDP) memenangkan pemilu bulan lalu. Namun Presiden Barack Obama terlalu sibuk dan mengalihkan kunjungan pertamanya dengan 10 negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Perusahaan-perusahaan Jepang menilai Asia Tenggara sebagai alternatif investasi selain China. Integrasi ASEAN yang direncanakan pada 2015, menurut Abe menjadi incaran Jepang yang saat ekonominya saat ini tengah menurun.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

jika menyalin artikel diharap ijin dulu sebagai rasa hormat sesama blogger dan jangan lupa kritik dan sarannya!!