Jumat, 28 Desember 2012

Pulau Christmas, wilayah Australia di selatan Jawa Barat.


Jika anda beranggapan bahwa kota Kupang di Nusa Tenggara Timur adalah kota terdekat ke wilayah Australia (Darwin, Northern Territory) anda tidak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya wilayah Indonesia yang paling dekat ke Australia adalah Jawa Barat (selain Pulau Rote terhadap Ashmore Islands).  Lho kok bisa? Ini karena Australia memiliki sebuah pulau di Samudera Indonesia tepatnya di sebelah selatan propinsi Jawa Barat.



Lokasi dan jarak pulau Christmas terhadap Pulau Jawa (sumber: wwwnc.cdc.gov)
Pulau tersebut adalah Pulau Christmas yang berjarak 200 mil laut (260 km)  dari pantai selatan Jawa Barat.  Jika demikian maka yang paling dekat dengan wilayah Australia bisa jadi adalah Ujung Genteng atau Pameungpeuk. Meski demikian untuk mencapai pulau tersebut hanya bisa dengan penerbangan carter dari Singapura atau Malaysia. Belum ada layanan penerbangan dari Jakarta ke Pulau tersebut.
Hal ini bisa dimaklumi karena secara historis ketiga negara tersebut memiliki hubungan sebagai sesama bekas jajahan Inggris. Selain itu penduduk yang mendiami Pulau Christmas sebagian besar dari etnis China dari Malaysia atau Singapura yang awalnya bekerja sebagai pekerja tambang fosfat (guano) di pulau tersebut.

Jarak ke Pulau Christmas (sumber: shire.gov.cx)


Citra satelit Pulau Christmas

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

jika menyalin artikel diharap ijin dulu sebagai rasa hormat sesama blogger dan jangan lupa kritik dan sarannya!!