Sabtu, 24 November 2012

Wamenhub: Kereta Super Cepat Jakarta-Surabaya Dapat Dibangun

Jakarta - Pemerintah menyatakan terus mengkaji pembangunan kereta super cepat di Indonesia. Kereta super cepat bisa dibangun antara Jakarta-Surabaya yang merupakan dua pusat perekonomian terbesar Indonesia.
Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam pidatonya di acara seminar teknik sipil Universitas Indonesia, Kamis (22/11/2012).

“Untuk Indonesia, KA Super Cepat mungkin dapat dibangun antara Jakarta dan Surabaya, yang merupakan dua pusat perekonomian terbesar di Indonesia,” kata Bambang.

Menurutnya, dilihat dari perkiraan dampak pada daerah sekitarnya, proyek kereta api KA Super Cepat Jakarta-Surabaya dinilai memiliki nilai tambah di daerah Pantura.

“Kota Surabaya memproyeksikan dirinya sebagai calon megapolitan seperti kota Jakarta sehingga pembangunan proyek ini akan membuat kota-kota di sekitarnya seperti Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Lamongan akan tumbuh menjadi kota-kota satelit yang maju, seperti layaknya Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor,” tutur Bambang.

Surabaya juga memproyeksikan dirinya sebagai kota industri besar. Dari kereta api yang beroperasi sekarang, kebutuhan kapasitas pengangkutan Jakarta-Surabaya cukup tinggi sehingga rencana pembangunan kereta api super cepat dapat ditelaah lebih lanjut.

Namun Bambang mengakui, masalah yang paling utama terkait pembangunan KA Super Cepat adalah masalah pembiayaannya. Bambang mengungkapkan, seorang ekonomis Spanyol Gines de Rus berpendapat, keputusan untuk menolak atau menunda rencana KA Super Cepat bukan berarti menentang kemajuan. Perlu diperhatikan dampak sosial lebih lanjut dan ditimbang dengan biaya yang dikeluarkan.

“KA Super Cepat bukanlah strategi transportasi one-size-fits-all. Beda negara-dengan beda luasan, beda tingkat populasi, beda kebudayaan dan kebiasaan, dan terutama beda infrastruktur transportasi eksisting-memiliki kebutuhan yang berbeda pula,” kata Bambang.

Sebelumnya, Vice President Signaling & Telecommunications PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ira Nevasa mengatakan, mustahil merealisasikan kereta super cepat Jakarta-Surabaya dengan jalur kereta yang sudah ada saat ini. Jalur rel Jakarta-Surabaya saat ini masih berkelok sehingga tak memenuhi syarat dilewati kereta super cepat.

sumber:http://www.bumn.go.id/keretaapi/publikasi/berita/wamenhub-kereta-super-cepat-jakarta-surabaya-dapat-dibangun/

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

jika menyalin artikel diharap ijin dulu sebagai rasa hormat sesama blogger dan jangan lupa kritik dan sarannya!!