iPhone 5 dan Angry Birds merajai daftar gadget dan game paling banyak dicari user asal Indonesia di mesin pencari Google.
Google Indonesia melansir
daftar-daftar pencarian terbanyak selama tahun 2012. Daftar yang diberi
nama Zeitgeist (dari bahasa Jerman yang berarti “semangatnya suatu
zaman”) itu menunjukkan, banyak orang Indonesia menggunakan layanan
Google sebagai sarana untuk mencari berita dan informasi terbaru,
belajar mengenai tokoh dan produk yang menarik serta menemukan hal-hal
yang baru. Daftar Zeitgeist juga mendata 10 gadget paling dicari user asal Indonesia, atau terpopuler di Indonesia.
Daftar-daftar tersebut didapat dari
sekitar 1 triliun permintaan pencarian yang diterima Google dari user
asal Indonesia selama 1 tahun terakhir. Berikut ini adalah daftar kata
kunci dari gadget dan game yang paling sering dicari user asal Indonesia di mesin pencari Google:
Gadget Terpopuler
1. iPhone 5
2. Nexian
3. Nokia X2
4. Nokia Lumia
5. Samsung Galaxy S3
6. Samsung Galaxy Ace
7. Nokia X2-03
8. Samsung Galaxy Young
9. iPhone 4s
10. Nokia Asha
Game Terpopuler
1. Angry Birds
2. MotoGP 2012
3. Gemscool Lost Saga
4. Dragon Nest
5. Dragon City
6. UEFA EURO 2012
7. Angry Birds Space
8. Empires
9. Bubble Ninja
10. Bad Piggies
Selain pencarian melalui perangkat
komputer desktop, Google juga mendata pencarian yang dilakukan melalui
perangkat mobile, seperti ponsel maupun tablet, yang memberikan
pandangan lain dari kebutuhan informasi yang berbeda.
Diketahui, banyak pengguna internet
lewat perangkat mobile mencari restoran, layanan penerjemahan, ATM,
hotel dan kegiatan menarik lainnya yang diperlukan ketika mereka
bepergian. Namun, busana wanita dan permainan (games) menunjukkan bahwa
masih ada beberapa waktu luang yang memungkinkan pengguna untuk
melakukan pencarian lainnya.
Istilah Pencarian Terpopuler pada perangkat Seluler
1 Restaurants
2 Translate
3 ATMs
4 Attractions
5 Hotels
6 Opera Mini
7 Bars
8 Gas Stations
9 Fashion Wanita
10 Games
Rudy Ramawy, Country Head Google
Indonesia, dalam siaran pers yang dikirimkan Rabu (12/12) mengatakan,
“Google Zeitgeists tahun ini menunjukkan pertumbuhan yang tinggi dan
berkelanjutan dari penggunaan internet di Indonesia. Zeitgeist akhir
tahun ini adalah barometer budaya yang memberikan kita gambaran nyata
dari berbagai peristiwa besar, kenangan yang tak terlupakan dan berbagai
tren yang sedang berkembang di Indonesia untuk tahun 2012.”
Di siaran pers Google juga
menyatakan, alat Google Zeitgeist tidak dapat digunakan untuk
mengidentifikasi pengguna secara individu karena mengandalkan jumlah
agregat dan anonim dari seberapa seringnya sebuah istilah pencarian
muncul dari waktu ke waktu. Alat ini tersedia sepanjang tahun di
google.com/zeitgeist.
0 komentar:
Posting Komentar
jika menyalin artikel diharap ijin dulu sebagai rasa hormat sesama blogger dan jangan lupa kritik dan sarannya!!