Selasa, 01 Januari 2013

Jembatan Selat Sunda


Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Rabu (26/12) melakukan peninjauan ke lokasi rute terpendek rencana pembangunan jembatan Selat Sunda, tepatnya di daerah Cigading, Pelabuhan Ciwadan, Provinsi Banten.

Jarak terpendek untuk menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera dipekirakan panjangnya 27 km, mulai dari daerah Cigading, Anyer, Banten ke daerah Ketapang di Lampung melalui beberapa pulau diantaranya: Pulau Ular, Pulau Sangiang dan Pulau Prajurit. Ide untuk menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera ini telah dimuncul pada tahun 1960 dan telah pula dilakukan serangkaian seminar dan studi-studi awal yang dilakukan oleh Departemen PU, BPPT, JICA, PT Wiratman, Terowongan Nusantara, ITB termasuk MOU dengan Pemerintah China pada tahun 2002 untuk melakukan kajian Key-Technology.
Mengingat lintasan ini memiliki nilai strategis, akhir-akhir ini semakin banyak pula pihak-pihak tertarik akan rencana pembangunan ini diantaranya PT Jembatan Selat Sunda tahun 2000, Nils D. Olsson tahun 2006 dan PT Wiratman bersama PT Artha Graha 2007.
Departemen PU sendiri akan melakukan Studi Kelayakan dan diharapkan kegiatan tersebut terus berlanjut dan diwujudkan pembangunannya pada tahun-tahun mendatang.
Selain itu Dirjen Bina Marga juga meninjau lokasi rencana pelebaran jalan ruas Pantura di Provinsi Banten serta rencana pembangunan 2 Flyover di Merak dan Balaraja. Pada sore harinya, kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi kegiatan pelebaran ruas jalan Cakung?Cilincing.
Kegiatan peningkatan ruas jalan Cakung?Cilincing menitik-beratkan kepada pentingnya ruas ini terhadap jalur angkutan peti kemas dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan jalur ekonomi utama bagi arus ekspor-impor yang melayani lebih dari 8000 peti kemas perhari. Rencana panjang penanganan jalan adalah 13 km dengan pekerjaan utama adalah pelebaran jalan dari 2 lajur menjadi 3 lajur pada ruas yang tingkat kapasitasnya tidak memadai antara ujung jalan tol di Rorotan menuju jalan raya Cilincing. Dilakukan pula pembuatan fasilitas trotoar dan perbaikan sistem drainase jalan pada saluran samping sepanjang 2 x 9 km, serta peninggian pada lokasi banjir sepanjang 4,5 km. Kegiatan ini dimulai sejak September 2007 dan direncanakan selesai akhir April 2008. Selama masa konstruksi, pelebaran yang telah selesai dilakukan langsung dibuka untuk umum untuk mengurangi kemacetan yang terjadi

Di Pelabuhan Merak Antrean kendaraan sampai belasan kilo meter bahkan sampai ke pintu tol Jakarta – Merak, begitupun sebaliknya di Pelabuhan Bakauheni, kejadian yang ini sudah berulang kali terjadi dan sangat mempengaruhi roda perekonomian.
1299041164978264712
Antrean Kendaraan Truk Menungguh Kapal Penyeberangan (wartanews.com)

Antrean Panjang di Pelabuhan Merak.
Melihat kemacetan di Pelabuhan Merak saat ini sungguh luar biasa, antrean panjang mobil pribadi maupun truk membawa muatan menuju Sumatera sampai belasan kilo meter hingga pintu tol Jakarta-Merak.
Kemacetan dan penumpukan kendaraan seperti ini sudah berulang kali terjadi, tetapi tanpa/belum ada solusi yang efektif dari pihak ASDP maupun Menteri Perhubungan untuk mengatasi kemacetan tersebut.
Kalaupun kemacetan tersebut disebabkan kurangnya Kapal yang layak jalan, sudah seharusnya pihak-pihak yang bertanggungjawab di pelabuhan mencari solusi lain, misalnya meminjam sementara kapal-kapal dari Angkatan Laut kita, hal tersebut sepertinya sudah pernah dilakukan terutama menghadapi arus mudik Lebaran.
Begitupun Dengan Pelabuhan Bakauheni.
Kemacetan di Pelabuhan Merak juga berdampak menumpuknya kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, penumpukan kendaraan hingga 2 kilo meter, dari segi jumlah kendaraan yang antre mungkin jumlahnya tidak jauh berbeda, tetapi disebabkan Pelabuhan Bakauheni mempunyai lahan parkir luas yang mampu menampung sekitar 2000 kendaraan.
Dengan kemacetan tersebut mungkin bagi kendaraan pribadi hanya rugi waktu saja, tetapi akan lain ceritanya kalau seperti kendaraan truk membawa muatan seperti sembako lebih celaka lagi kalau kendaraan yang membawa buah-buahan dan sayuran, tentu kita tahu buah-buahan dan sayuran paling lama bisa bertahan dua hari sebelum membusuk, dan sepertinya problem tersebut belum teratasi secara maksimal, bahkan demi menyelamatkan buah dan sayurannya tidak jarang para sopir truk menambah tip dengan jumlah tertentu supaya kendaraannya bisa menyeberang dengan cepat, tentunya pungutan-pungutan tersebut telah mengurangi pendapatan sopir-sopir truk tersebut.
Berdampak Pada Roda Perekonomian.
Sangat disayangkan kemacetan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni tersebut dibiarkan begitu saja, karena kejadian antrean panjang ini sudah terjadi hampir dua pekan lamanya, nampak penumpukan mobil tersebut terutama bagi kendaraan truk dan Bis antar kota, karena pihak Organda mengaku mengalami kerugian sekitar Rp. 1,5 miliar per hari dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (API) juga mencatat kerugian sampai Rp.5 miliar per hari, kalau tidak cepat diatasi tentunya para pengusaha Organda dan API akan semakin merugi, anehnya pihak pelabuhan tidak mau disalahkan dengan dali Kemacetan tersebut akibat dari cuaca yang buruk.
12990410441711717031
Rencana Pembangunan Jembatan Selat Sunda (blogspot.com)
Percepat Pembangunan Jembatan Selat Sunda.
Salah satu yang mungkin bisa mengatasi kemacetan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah mempercepat pembangun Jembatan Selat Sunda (JSS) jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera, sayangnya proyek pembangun Jembatan Selat Sunda ini adalah proyek jangka panjang, karena rencana pembangunan tersebut mungkin baru terealisasi pada tahun 2014 akhir, pada saat ini pemerintah baru atau sedang melakukan study mendalam mengenai pembangunan jembatan tersebut, karena Selat Sunda berpotensi gempa Gunung Merapi dan Palung, tetapi melihat kemacetan yang saban tahun terjadi sudah sepatutnya pembangunan jembatan tersebut lebih dipercepat. 


Sumber  1  :  http://www.jembatanselatsunda.com
Sumber  2  :  http://regional.kompasiana.com/2011/03/02/antara-merak-%E2%80%93-bakauheni-kenapa-antrean-panjang-itu-terus-terjadi/

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

jika menyalin artikel diharap ijin dulu sebagai rasa hormat sesama blogger dan jangan lupa kritik dan sarannya!!