Sabtu, 19 Januari 2013

Prediksi Ilmuwan: 5 Kota Ini Bakal Tenggelam, Termasuk Jakarta

sandiekwantoro.blogspot.com-Banjir yang melanda Ibukota belakangan ini termasuk cukup parah, setelah banjir serupa yang terjadi pada 2002 dan 2007, banjir menenggelamkan rumah-rumah warga termasuk Istana Presiden.
Para ilmuwan menganggap Jakarta daerah rentan banjir, karena 40% wilayahnya di bawah permukaan laut. Tak ayal para ilmuwan ini pun memprediksi dalam waktu dekat Jakarta akan tenggelam sepenuhnya. Berikut lima kota yang diprediksi akan tenggelam di seluruh dunia.

1. Bangkok

bangkok
Para ilmuwan memprediksi kota Bangkok akan sepenuhnya tenggelam oleh banjir pada tahun 2100. Faktor yang menyebabkan ibukota Thailand ini akan menjadi atlantis kedua ialah perubahan iklim yang ekstrem, efek rumah kaca, naiknya permukaan laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah.

2. Ho Chi Minh City

HoChiMinhCity
Penyebab Ho Chi Minh City diprediksi akan tenggelam diyakini karena dampak dari urbanisasi yang menyebabkan temperatur cuaca dan curah hujan yang tinggi dalam dua dekade terakhir.

3. Shanghai

ilustrasi/flashpackat.com
ilustrasi/flashpackat.com
Selanjutnya Shanghai, Shanghai diprediksi akan dipenuhi genangan banjir adalah karena penggunaan lahan yang tidak tepat. Struktur tanah yang semula rawa kini disulap menjadi kota dengan gedung-gedung pencakar langit yang tinggi, menyebabkan permukaan tanah menurun tiap tahunnya.

4. Mumbai

mumbai/goindia.about.com
mumbai/goindia.about.com
Sama seperti Bangkok, kota Mumbai pun diprediksi akan menjadi lautan pada tahun 2100. Penyebab dari kota Mumbai akan tenggelam adalah dampak dari mencairnya es kutub yang disebabkan oleh pemanasan global.

5. Jakarta

ilustrasi
ilustrasi
Jakarta pun tak luput dari prediksi para ilmuwan ini, seperti yang di ketahui letak gegrafis Jakarta berada di bawah permukaan air laut, dan tingginya jumlah penduduk yang terus bertambah membuat Jakarta kelebihan beban muatan yang menyebabkan setiap musim hujan tiba Jakarta selalu terkena musibah banjir.
Pakar hidrologi asal Belanda, JanJaap Brinkman mengatakan, jika proses penyedotan air yang terus-menerus dilakukan tidak segera dihentikan, di akhir abad, Jakarta akan tenggelam. (Merdeka/dea)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

jika menyalin artikel diharap ijin dulu sebagai rasa hormat sesama blogger dan jangan lupa kritik dan sarannya!!