Selasa, 01 Januari 2013

Maladewa ‘Pindah’ ke Australia

Maladewa akan kehilangan daratannya. Foto: The Sydney Morning Herald
Perubahan iklim global, mengancam negara-negara kecil hilang dari peta dunia. Maladewa, salah satu negara mungil di kawasan Samudera Hindia, mulai memikirkan rencana untuk mengungsi. Presiden Maladewa Mohamed Nasheed mulai bersiap memindahkan warganya ke negara lain yang lebih aman.
Panel peneliti Perubahan Iklim memprediksi jika level air laut akan naik sebanyak 59 sentimeter di abad berikutnya. Ini membuat beberapa beberapa wilayah di Maladewa akan hilang sama sekali dari permukaan Bumi. Kemungkinan ini membuat Presiden Maladewa Mohamed Nasheed mulai bersiap memindahkan warganya ke negara lain yang lebih aman.
Salah satu negara tetangga yang dianggap mampu adalah Australia. “Dalam cara paling alami, semakin sulit untuk mempertahankan pulau ini,” kata Nasheed dikutip dari Syndey Morning Herald, Sabtu (7/1). “Jika semua (negara) di sekitar Australia terlalu miskin dan tidak mampu mempertahankan diri sendiri, artinya akan lebih baik memulai hidup di Australia bukan?,” ujarnya lagi.
Wilayah Maladewa 80%-nya berada kurang dari satu meter di atas permukaan air laut dengan titik tertingginya hanya 2,4 meter. Bahkan sudah ada 14 pulau kecil yang harus ditinggalkan karena erosi laut. Kondisi ini membuat negara berpopulasi 350.000 orang itu harus segera mencari ‘negara baru’ untuk mengungsi.
Maladewa bukanlah negara pertama yang membidik Australia sebagai negara pengungsian warganya. Satu dekade lalu, Pemerintah Tuvalu, negara kecil di utara Selandia Baru dan terletak di Laut Pasifik, meminta bantuan imigrasi untuk 12.000 warganya agar bisa pindah ke Australia. Hal ini disanggupi Pemerintah Australia karena mengganggap itu adalah kewajiban kemanusiaan untuk orang yang ‘membutuhkan pertolongan dengan cepat.’
Sumber: The Sydney Morning Herald

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

jika menyalin artikel diharap ijin dulu sebagai rasa hormat sesama blogger dan jangan lupa kritik dan sarannya!!